Download Dropbox dan Review

Dropbox
Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang Dropbox. DropBox adalah layanan penyimpanan cloud (berbasis file web hosting), dengan pengendalian secara sinkronisasi, penyimpanan file dan berbagi file. Dropbox memungkinkan anda untuk menyimpan file di web, dalam lingkungan yang aman dan bersifat privat. Dengan layanan ini anda dapat menyimpan file dan anda dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja karena memungkinkan kita melakukan direct linking / hotlink yaitu langsung dapat melakukan download ke file yang diinginkan / dituju tanpa harus menunggu, memasukkan captha ataupun membuka website dropbox. Dropbox digunakan sebagai alternatif untuk membawa media fisik misalnya USB Flash Disk. Dropbox juga menawarkan kemampuan untuk memudahkan anda berbagi file dengan orang lain seperti Photo, dokumen, dan juga file file lainnya.

Untuk dapat menggunakan Aplikasi Dropbox, anda harus mendaftar dulu dengan membuat akun secara gratis melalui situs www.dropbox.com. Dengan akun gratis tersebut anda akan langsung mendapatkan space sebesar 2GB pada tempat penyimpanan Dropbox. Wow, lumayanlah 2GB secara gratis. Namun jika space sebesar 2GB tersebut dirasa masih kurang maka jangan kuatir dulu karena jika anda mempromosikan link referral anda dan ada teman anda yang tergabung dalam link referral itu maka anda akan mendapatkan bonus 500MB secara gratis untuk setiap orang yang tergabung. Tambahan space ini totalnya bisa mencapai 16GB. Jadi jika ditambah dengan space pertama, anda akan mempunyai media penyimpanan sebesar 18GB. wah sangat banyak sekali. Apabila 18GB menurut anda masih kurang lagi maka anda bisa menambah kapasitas sampai 50GB atau 100GB. Hanya saja untuk kapasitas sebesar itu anda harus membayar sebesar $10 per bulan untuk paket Pro 50GB dan $20 per bulan untuk paket Pro 100GB.

Dengan Dropbox ini akan sangat berguna bagi anda yang sering bertukar file dengan jumlah yang banyak pada teman, klien atau rekan kerja. Apabila anda sering mengirim file namun memiliki koneksi internet yang kurang stabil maka dropbox ini dapat menjadi solusinya. Disamping praktis dan mudah dioperasikan, dengan Dropbox ini kita juga dapat menyimpan dokumen dokumen penting dengan aman.

Kelebihan dan keuntungan menggunakan Dropbox adalah efisiensi waktu karena Dropbox bekerja melalui desktop yaitu berupa folder sama seperti folder biasa dalam komputer. Untuk mengupload filepun tinggal melakukan drag-and-drop atau bisa juga dengan cara copy-paste file yang akan di sharing ke dalam folder Dropbox di komputer dan otomatis file itu akan tersinkronisasi dengan server Dropbox maupun komputer lain yang terhubung dengan akun Dropbox. Jadi perubahan apapun yang ada pada folder dropbox di komputer anda akan otomatis tersinkronisasi pada akun dan semua komputer yang terhubung dengan akun anda.

Apabila anda sedang tidak menggunakan komputer tapi ingin mendownload file yang ada pada akun anda, anda tinggal login saja dengan akun milik anda ke web dan anda akan dapat mengakses semua file yang telah tersinkronisasi. Apabila ada file yang terhapus maka juga bisa dikembalikan, tapi harus login ke akun Dropbox milik anda dulu.

Untuk mensharing file kepada non-pengguna Dropbox caranya sangat mudah, cukup dengan klik kanan pada file yang ingin di bagikan pada folder Dropbox kemudian pilih ‘Copy public link‘ dan bagikan pada teman yang ingin anda share. Namun Jika anda ingin melakukan berbagi / sharing dengan sesama pengguna Dropbox, anda dapat membuat folder khusus dan mengajak pengguna Dropbox atau biasa disebut Collaborators melalui email Dropbox mereka. Dengan folder khusus itu kita dapat dengan mudah membagikan file didalamnya kepada para Collaborators. Folder khusus ini juga akan tersinkronisasi secara otomatis jika terjadi perubahan. Fitur ini sangat berguna bagi anda yang bekerja secara bersama / team.

Pada Dropbox terdapat folder Photos yang jika kita tambahkan folder dan kita isikan foto didalamnya, maka otomatis foto tersebut akan dikelompokkan dan juga dapat kita share kepada non-pengguna dengan custom URL yang sudah disediakan.

Dropbox

Cara menggunakan Dropbox

Daftar / buatlah akun DropBox disini
Download aplikasi Desktop DropBox untuk windows disini, atau pilih sesuai dengan Sistem Operasi anda dengan mengunjungi websitenya karena Dropbox support untuk Windows, Mac dan Linux,
Install Aplikasi DropBox yang telah anda download tadi di PC / laptop,
Jika sudah tinggal login dan kelola file anda,
Space 2 GB gratis untuk anda.

Untuk menggunakan Dropbox ini kita harus terkoneksi ke internet, nah kekurangan dari software / aplikasi ini adalah kita perlu terkoneksi dahulu ke internet. Namun pada jaman sekarang ini biasanya untuk mencari koneksi internet sangat mudah karena banyak tempat yang menyediakan free hotspot.

0 komentar:

Posting Komentar